bisa dibilang gue hampir tiap tahun ikutan self-challenge #inktober ini.
#inktober adalah menantang diri sendiri untuk menggambar atau melukis setiap hari dalam satu bulan penuh di bulan oktober.

gue menerjemahkan menggambar di #inktober ini lebih spesifik: menggambar dengan pulpen, ballpoint, tanpa sketch (pensil), no pencil.

untuk tahun 2017 ini gue mengambil tema untuk menggambar muka.

dari yang seinget gue, tiap tahun gue gak pernah bisa memenuhi tantangannya menggambar tiap hari. sehingga paling hanya jadi kurang dari 31 gambar.

untuk tahun 2017 ini, gue menggambar muka dimulai dari @pinotski (a.k.a @pinot) dan terakhir adalah @thomasarie. itu cuma 17 gambar dalam rentang waktu 27 hari (gue menggambar thomas itu di tanggal 27 oktober 2017).

gue memilih ‘korban‘ gue acak aja, gue menggambar muka mereka tanpa seijin mereka heheh.. walaupun acak, setelah gue ulas sekilas, para ‘korban’ ini gue pilih karena adanya faktor historis, sukarela, dan karena gue merasa aman men-troll mereka 😀
sayangnya oktober keburu habis, dan gue pun ga lengkap bisa menggenapi 31 gambar, padahal masih banyak calon korban di luar sana menunggu untuk gue gambar.

dari awal gue pengen menggambar muka dengan pose yang tidak terlalu standar, maka ketika pinot bergaya dengan kacamata, gue mengambil pose itu untuk gue gambar.
ternyata nyari pose muka orang yang tidak standar sangat butuh waktu men-scrolling timeline mereka di pelbagai sudut akun sosmed mereka. ketika gagal menemukan pose muka yang gue mau, akhirnya gue pilih pose muka yang sreg.
jadi selain tantangan menggambarnya, gue banyak berjibaku dalam mencari foto muka mereka yang gue mau.

dari sekian pose yg gue dapat dan kemudian gue gambar, yang paling keren buat gue posenya @kapkapsaja. setelah gue gambar pun ternyata gue suka. karena itu gue menobatkan pose muka @kakapsaja adalah gambar pose muka favorit gue.

@kapkapsaja

nah untuk inktober kali ini gue merasa besar kepala berapa kali. yang pertama adalah untuk pertamakalinya ada yang request untuk dibuatin gambar mukanya 😀

Another post
trekking
trekking

seumur umur baru kali ini gue melakukan kegiatan 'alamiah', melakukan aktivitas yang terkait alam.  sebelumnya gue ga pernah trekking, camping, hiking Read more

set drawing pad di linux
set drawing pad di linux

membeli drawing pad yang ternyata tidak langsung bisa dipakai di linux ubuntu OS

blog blogging blogger
blog blogging blogger

buat yang belum tau, kata blogger itu berasal dari kala web log, dan pelaku 'web log' nya adalah 'web logger'. Read more

pencongkel cover belakang laptop
pencongkel cover belakang laptop

bingung gimana cara nyongkel tutup bawah laptop. akhirnya pakai barang yang ada

dan yang kedua adalah ketika @thomasarie meminta dikirimin gambar itu ke dia.
besar kepala gue rasanya