tadi melihat ada tweet dari pengguna figma, yang akunnya di-suspend, sehingga tidak bisa login. sementara semua kerjaannya dia ada di dalamnya.

figma adalah salah satu dari sekian banyak SaaS yang berbasis cloud.
semua data adanya di server mereka, untuk mengaksesnya memerlukan login. sehingga, ketika gagal login, entah karena salah user/password, atau bahkan di-suspend, maka tiada cara apapun yang bisa untuk mengakses dokumen/file yang ada di dalamnya.

terlebih lagi ketika aplikasi cloud itu mempunyai sistem tersendiri dalam mengolah ‘file’ nya. sehingga, hasil design di figma, tidak ada tools lain yang bisa menggunakannya. jikapun diekspor, cuma bisa berbentuk format file lain seperti ke file SVG, PNG, JPG.

SaaS illustration

ada banyak SaaS lain, yang memang mempunyai fungsi khusus, sehingga belum tentu bisa juga diekspor ke format file apapun.
ataupun jika bisa diekspor, tidak akan mencakup fungsionalitasnya.

Another post
riweuhnya reset / ganti henpon android
phone transfer

jangan terlalu over pede bisa restore semua data dengan baik ketika reset password atau pindah henpon lain

calo login
calo login

paling malesin kalo sebuah aplikasi ternyata bisa di-login pakai aplikasi lain. -- gue ga tau istilah resminya apa, login dengan Read more

kengacoan google map
kengacoan google map

diawali oleh notifikasi dari aplikasi bank, bahwa alamat gue berubah. ha?!berubah gimana?, kaya'nya gue sama sekali ga ganti profile apapun di Read more

offline google game
offline google game

buat pengguna google chrome, ketika internet lagi putus gak bisa browsing, biasanya diberikan tampilan gambar dinosaurus di browsernya. dan kalau Read more

sehingga, terlihat serba salah, ketika sudah menggunakan SaaS yang berbasis cloud, harus punya backup seadanya. ataupun jadi harus rela kehilangan semuanya.

not related post : digital dark age