ketika memasukan keyword untuk dimasukan ke pencarian google, kadang hasil pencarian ada yang menampilkan hasil berupa peta.

cari mcdonalds di google

lalu jika “more locations” tersebut di-klik, maka akan menampilkan lokasi yang lebih banyak beserta petanya.

dari hasil pencarian tersebut, google memberi opsi untuk melihat, mana venue yang pernah dikunjungi, dan mana yang belum pernah.

mcd yang pernah dikunjungi mcd yang belum pernah dikunjungi

intinya, google tahu elo itu pernah mengunjungi venue apa saja – walaupun lokasinya belum tentu pas, persis.

seperti contoh pada gambar di atas, gue yakin mcdonald’s yang pernah gue kunjungi pasti lebih dari 1. namun google belum mendapatkan konfirmasi kehadiran gue di mcd-mcd yang lain. sehingga, secara data, cuma terekam di satu mcd saja.

dari mana google tau?

kemungkinan, google tahu lokasi elo itu dari handphone yang elo tenteng-tenteng kemana-mana. feature location di gawai elo itu kondisnya on, sehingga google pun merekam data lokasi henpon tersebut.

kembali membahas soal venue yang belom dikonfirmasi.
untuk mengkonfirmasi, bisa membuka google map dari dekstop, lalu cari menu : timeline. atau langsung ke url ini : https://www.google.com/maps/timeline

dari sana, kalau memang sudah terkonfirmasi, akan muncul lokasi rumah, kantor, lalu lokasi-lokasi yang sudah pernah dikunjungi. dan status location history.

google location history

lalu yang tampak seperti bar chart , itu adalah jumlah venue yang belum terkonfirmasi, arahkan ke bar tersebut untuk melihat jumlah dan tanggalnya.

google location timeline

setelah di-klik tanggal mana yang mau dikonfirmasi, cari venue yang belum terkonfirmasi, lalu lakukan konfirmasi dengan klik link ‘confirm’.

confirming location di google map

Another post
caleg dpr ri 2019
caleg dpr ri 2019

pemilu 2019 itu tinggal hitungan hari. sementara orang-orang masih sibuk ngurusin siapa yang jadi presiden, sehingga tidak fokus bahwa ada Read more

ice skating
ice skating

gue sama sekali ga pernah bisa bersepatu roda, apalagi lancar. tapi ketika melihat iklan ice skating di mall @ alam Read more

unpopular opinion
unpopular opinion

untuk bisa menyuarakan opini yang berbeda dengan kebanyakan, elo harus seseorang. karena ketika elo bukan siapa siapa, elo hanya serpihan debu doang Read more

customer service by email
customer service by email

ketika lagi butuh, seakan seluruh semesta itu bersekongkol menghadang elo. gitu kira kira hecticnya gue beberapa waktu lalu. berencana membeli ebook Read more

dan setelah tahu hal ini, dan kemudian elo freak out, atau memang pada dasarnya privacy freak, hendak mematikan dan menghapus seluruh data location tersebut, silakan panduannya ada di postingan ini.

oh iya, jika feature location tersebut di-off-kan, maka elo ga bisa pakai google map/waze untuk memberi direction ketika elo berkendara. atau beberapa hal lain seperti prakiraan cuaca, dll, yang akan tidak berfungsi.