beberapa waktu lalu pitra post keheranannya kenapa di analytics di instagram/facebook menampilkan kota sidoarjo sebagai salah satu kota yang paling banyak mengakses foto/campaign-nya dia, sementara tidak ada kota surabaya di top 5 nya.

dari beberapa respon, terutama dari yang mengerti sisi networking dan telekomunikasi, disampaikan itu dikarenakan IP address (IP public) gateway dari si penyedia layanan (internet) tidak up to date. misalnya ada IP address yang jika dilookup ada di tengah laut.

kesimpulannya, network engineer dari penyedia layanan tampaknya tidak tertib mengupdate/mendaftarkan perangkat mereka dengan lokasi yang tepat.

kemudian karena gue penasaran, gue minta tolong tyaz di surabaya untuk check IP address dia berapa, trus kemudian gue coba lookup lokasinya.

untuk mendapatkan IP public dari perangkat yang sedang kita pakai, jika misalnya handphone, googling aja dengan keyword “what is my IP address?” nanti si google akan ngasih tau IP public yang tersambung dengan gawai elo apa.

what is my IP address

Google my IP address

kemudian tyaz ngasi IP address yang setelah gue lookup ternyata benar IP address tersebut lokasinya di surabaya.

IPsurabayatelkomnetScreenshot_2017-09-13-18-44-22-020_com.android.chrome.png

lalu dia coba disconnect dari wi-fi, kemudian dia pakai koneksi data cellularnya. dari kartu telkomsel, masih menunjukkan IP address surabaya. tapi ketika koneksinya pakai XL, IP addressnya diakui sebagai IP jakarta.

ipjakartaScreenshot_2017-09-13-18-49-47-229_com.android.chrome.png

nah, kalau begitu pendataan lokasi menggunakan IP address dari gawai tidak akurat. selama informasinya tidak dikoreksi oleh network engineernya penyedia layanan internet, ya melenceng, data yang terkumpul tidak akurat.

yang sangat disayangkan, kalau ternyata IP address digunakan untuk kepentingan darurat, seperti yang disampaikan @jogja

ketika kemudian butuh supaya pengiriman informasi tepat pada orang-orang di lokasi yang dituju, jadinya informasinya salah penerima.

Trying to determine physical location from internet based information, such as Wi-Fi access points and IP addressing, is notoriously inaccurate 

related post:

Another post
calo login
calo login

paling malesin kalo sebuah aplikasi ternyata bisa di-login pakai aplikasi lain. -- gue ga tau istilah resminya apa, login dengan Read more

cloud proprietary

ketika sudah bergantung ke suatu hal, misal bergantung kepada cloud SaaS, pertaruhannya lumayan tinggi , jika SaaS tersebut dipergunakan untuk Read more

definition di chrome mobile
definition di chrome mobile

gue sebagai non-native english reader/speaker sangat tertolong dengan adanya google. setiap ada kata bahasa inggris yang gue engga ngerti, gue Read more

smart plug

nyalain matiin mesin air dengan segala ke otomatisannya, dengan pakai colokan pintar, smart plug.

does IP address geolocation really work?
Location detection is wrong