sebagai peminum kopi yang cuma sekadarnya, sungguh mendapat pencerahan ketika mendengarkan podcastnya rane yang berbincang dengan riyo mengenai kopi.

gue udah tau bahwa kopi itu ada dua jenis, yaitu arabica dan robusta. tapi ga pernah tahu detail apa bedanya. dan juga ga tau ternyata kopi kopi itu ada yang di-blend, yaitu arabica yang dicampur robusta.

kopi robusta, will definitely pahit. tapi menurut riyogarta, pahitnya robusta adalah pahit enak. beda dengan pahit kopi yang sering diminum oleh peminum kopi ‘hitam’.
sementara kopi arabica, seharusnya tidak pahit, dan jenis ini aman untuk lambung.
dari sisi harga, arabica bisa mencapai 3x harga robusta. tapi dari sisi kafeina, robusta biasanya mengandung caffeine 3 kali lebih banyak.

untuk kedai kopi di sini, yang target marketnya adalah orang indonesia, riyo melansir bahwa biasanya yang disuguhkan itu adalah kopi blend yang komposisi arabica 30 : 70 robusta.
sementara kedai kopi di luar negeri, biasanya komposisi blend-nya adalah arabica 70 : 30 robusta.

kopi

kopi

kembali ke kopi hitam. selama ini beredar mitos bahwa kopi yang enak adalah kopi yang pahit.

Another post
NFT
NFT

ketika mendengar kepanjangan dari NFT, gue mikir apa hubungannya dengan jamur ya?, NFT adalah akronim dari Non-Fungible Token, jadi gue Read more

hitchhike 2.0
hitchhike 2.0

"mas, punya aplikasi grab?" *bingung, maksudnya apa? "maksudnya pak?" "di henponnya ada aplikasi grab?" "ooh ada,.." "bisa pesan grab?" "maksudnya?" Read more

pencatat kehadiran
pencatat kehadiran

ada yang tahu, benda apakah yang ditampilkan di foto ini? kirain benda ini sudah musnah, ternyata masih ada yang pakai Read more

pembayaran parkir (swalayan) nirtunai
pembayaran parkir (swalayan) nirtunai

sekarang ini tampaknya sudah masuk era layan diri sendiri (self service) dengan kombinasi nirtunai/non-tunai/cashless. salah satu implementasinya adalah pembayaran parkir Read more

nah, sebenarnya ini adalah trick yang dipakai oleh kolonial belanda, yang menjual kopi terbaik ke luar indonesia, sementara kopi grade rendah dijual di dalam negeri indonesia.
kualitas kopi bisa dilihat dari bean-nya, sehingga untuk menyamarkan kualitas, maka coffee bean yang low grade di-roasting sampai gosong, kemudian dijadikan bubuk. karena gosong, maka pasti pahit. di sinilah dimunculkan mitos bahwa kopi enak itu kopi yang pahit.