salah satu yang jadi kehandalan transportasi online semacam uber, go-jek, grab adalah kemudahan. kemudahan buat penumpang dan kemudahan buat supir.

car

cars

beberapa bulan lalu ketemu dodo, dia dengan semangat cerita bahwa dia ambil keputusan resign untuk menjadi full-time driver dari salah satu perusahaan transportasi online di sini.
dia mengambil keputusan tersebut tentu dengan segala pertimbangannya. yang diantaranya beberapa rekan kerjanya yang kemudian pivot jadi driver transportasi online bisa survived.

beberapa minggu lalu bertemu lagi dengan dodo, dia bilang sudah tidak lagi ‘narik’.
dia bilang segala macam aturan menghambat dia untuk mencairkan uang dari accountnya.

ketika segala macam promo non-tunai ditebar perusahaan transportasi online, di sanalah dia kesusahan.

selama ini gue menyangka apa yang menjadi hak driver itu sekian persen akan cair tanpa babibu dan tanpa tetek bengek achievement. tapi ternyata itulah yang terjadi.

misal, ketika penumpang membayar dengan non-tunai, maka uang tersebut akan mengendap di account driver, sampai dia memenuhi kriteria minggu tersebut; misalnya tidak men-cancel lebih dari 20%, harus melakukan perjalanan (rit) 20 kali dalam seminggu.
barulah uang tersebut bisa cair. tapi jika tidak tercapai, maka uang itu tetap mengendap di account tersebut.
[catatan: 20% dan 20 kali adalah contoh, bukan kenyataaan. karena kenyataannya bisa saja angka tersebut lebih besar.

kalaulah bonus yang tertahan karena tidak achieve persyaratan tertentu, masih wajar. tapi kalau uang dalam bentuk non-tunai pembayaran penumpang juga susah diambil, wah parah.
ditambah lagi aturan achievement berubah-ubah setiap waktu. bisa jadi ga jelas mana yang bisa dicairkan, dan mana bagian untuk perusahaan.

Another post
bedanya kelas luring dan kelas daring
bedanya kelas luring dan kelas daring

kadang yang namanya kebiasaan itu walaupun berbeda situasi, akan tetap terjadi

kamu terlacak!
kamu terlacak!

ketika memasukan keyword untuk dimasukan ke pencarian google, kadang hasil pencarian ada yang menampilkan hasil berupa peta. lalu jika "more locations" Read more

KFC easter egg
KFC easter egg

hah? KFC ada menu baru? kagakk 😀 easter egg dalam artian ada sesuatu yang disembunyikan dan ketika ditemukan, menyenangkan hati. Read more

komik djadoel gundala
komik djadoel gundala

setelah *akhirnya* berkesempatan menonton gundala di vidio, gue merasa banyak hal yang belum gue ketahui tentang gundala. ketika saat jaman Read more