muka terpatri abadi di e-ktp

kapan pertama kali elo punya e-ktp? 

anggap elo membuat e-ktp ketika berumur 17 tahun. membuat ktp yang tentunya sudah e-ktp. 

beberapa tahun setelah e-ktp diluncurkan di tahun 2009, ternyata e-ktp dinyatakan berlaku seumur hidup, tidak perlu diperpanjang ulang 5 tahunan seperti sebelumnya.

karena tidak ada proses perpanjangan, maka tidak ada proses ganti ktp.
ktp yang elo pegang sekarang berlaku selamanya,

nah, muka elo yang menjadi foto pengenal pada e-ktp itu, adalah muka elo yang berumur 17 tahun. muka imut-imut, muka remaja. foto muka ‘tanpa dosa’.

waktu berlalu, di masa kini.


anggap di masa sekarang, elo berumur 28 tahun. elo sudah berkarir, bekerja, punya penghasilan yang belimpah (aamiin!), lalu elo gak mau FOMO, ikutan membuka rekening di bank digital yang banyak bermunculan di masa ini. 

elo disuruh melakukan selfie dengan e-ktp elo. dan setelah melalui proses verifikasi oleh bank tersebut, eh ternyata elo ditolak, tidak bisa, tidak boleh membuat rekening di digital bank di bank tersebut, dengan alasan ‘muka di e-ktp berbeda dengan muka di foto selfie’

:D

muka di umur 28 tahun, kemungkinan besar sudah sangat berbeda dengan muka elo di umur 17 tahun.
muka elo sekarang, muka tua dewasa,  yang sudah melewati banyak hal dalam hidup yang terbersit di muka elo yang berumur 28 tahun ini.

jadi sampai e-ktp itu rusak, atau emang elo niat ganti, barulah elo bisa ganti foto muka elo di e-ktp tersebut.

bayangin kalo ternyata muka yang terfoto di awal pembuatan e-ktp ada muka yang kurang representatif, atau fotonya ga ok. seumur hidup elo terpaksa ngantongin ktp yang fotonya bermasalah.

Comments

  1. Eh tapi aku selalunya berhasil kalo buka rek bank digital pakai e-KTP skr 😁. Padahal muka di KTP pake jilbab dan sbnrnya agak burem Krn udh lama. Dan kalo foto selfie utk urusan rekening gini, aku selaku buka jilbab :D. Syukurnya sih ga pernah ditolak hahahaha.

    Naah iya nih, kalo memungkinkan, aku sbnrnya pengen bgt ganti foto e-KTP. Tapi procedur yg ribeeet, dan luamaaaa, bikin males jadinya -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *