menghapus autocomplete google chrome URL bar

browser internet sebagai peramban canggih merupakan suatu alat yang dipakai oleh kita untuk melakukan browsing – berselancar di internet.

salah satu peramban favorit gue adalah google chrome. browser besutan google ini menjadi peramban utama kegiatan sehari-hari.
dan semuanya bertumpu di URL box google chrome ini.

url box itu yang mana? url box itu adalah tempat ngetik alamat internet/domain, biasanya posisinya pada browser ada di paling atas.

google chrome browser

nah google chrome ini punya feature menyimpan apapun yang sudah ditikkan di URL box tersebut, jadi ketika pada suatu waktu kemudian user mentikkan alamat/keyword/URL yang sudah pernah diketikkan sebelumnya, google chrome akan coba melengkapi alamat/keyword/URL tersebut sebelum user selesai mengetikkan semuanya secara lengkap.

buat beberapa orang, mungkin dipermudah dengan adanya fasilitas autocomplete ini. namun kadang kala jadi kaya’ diselak 😀

seperti beberapa waktu lalu, karena musti lapor pajak dll, khan jadinya site pajak.go.id jadi sering diakses.
jadi, dengan mengetik 2 huruf, p dan a, cukup untuk google chrome langsung melengkapinya dengan ~jak.go.id

setelah lewat masa pelaporan pajak ini, alamat pajak.go.id sudah ga perlu diakses lagi, jadinya gue mau kalau gue ngetik p dan a, muncul autocomplete-nya adalah ~per.li 
tapi karena mungkin google chrome mengurutkan berdasarkan abjad, membuat pajak.go.id muncul lebih dulu dari paper.li maka kemugkinan besar autocompletenya akan selalu memunculkan pajak.go.id ketika mentik p dan a.



bagaimana menghapus supaya pajak.go.id ini hilang dari autocomplete google chrome?
caranya cukup mudah.
ketika mentik p dan a dan chrome meng-autocomplete dengan ~jak.go.id maka tekan tombol shift dan tombol delete bersamaan. 
dengan itu, pajak.go.id akan hilang dari penyimpanan autocomplete google chrome.

shift del button pressed

hal ini juga berlaku jika malahan misalnya mau menghapus paper.li dari history autocomplete ini. 
ketik p dan a lalu jika google meng-autocomplete dengan ~jak.go.id, pindahkan highlite dari pajak.go.id ke paper.li dengan menggunakan tombol panah ke bawah.
setelah paper.li tersorot. maka tekan tombol shift dan tombol del bersamaan.

snydez

One thought on “menghapus autocomplete google chrome URL bar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *