gue menyimpan beberapa ebook, comics, manga dalam berbagai format (pdf, epub, djvu, dll) yang tersebar di berbagai folder. oh iya gue pengguna linux, ubuntu.
satu-satunya ebook management yg bisa meng-handle situasi ini kayanya cuma calibre

sayangnya calibre terlalu powerful buat gue yg cuma mau ngatur ebook. soalnya selain meng-convert format, calibre juga membuat duplikat dari e-book untuk disusun di library-nya. yah dobel dobel dong. makan space.

coba google dengan keyword “linux ebook management”; dapatlah beberapa nama. dan dari beberapa nama tersebut sayangnya sudah tidak exist lagi. bolak balik nginstalin dari hasil search tersebut, ga ada yang sukses.

kemudian, ada satu aplikasi yang akhirnya bisa dicobain, namanya buka. dan instalasinya harus menggunakan snap. halah apa pula ini snap.
setelah buka ini diinstal, bisa sih muncul. tapi permission-nya gagal baca ke mana-mana.
kemudian coba nginstal yang .deb file. dan sukses, app kebuka dan bisa akses ke folder manapun.

kesan pertama ketika buka ini terbuka — hey it’s rhymes —  adalah tampilan simplisitik-nya.

buka ebook management

di sisi kiri adalah raknya (book list) dan juga daftar pengarang/penulisnya (authors). untuk membuat rak  menggunakan tombol “new list”.

setelah list dibuat, maka kemudian menambahkan ebook dari lokasi penyimpanan (hardisk), dan ini dipilih dan dipilah satu-satu. 🙁
jika ternyata sudah pernah di-list ke dalam rak, maka malah bukunya duplikat. 🙁 🙁

buka ebook management

dan juga jika ternyata menambahkan buku ke dalam rak yang salah, gak bisa di-move. jadi harus dihapus untuk kemudian ditambah manual lagi di list yang benar 🙁 🙁 🙁
dan ebook yang bisa ditambahkan adalah hanya yang ber-format pdf. 🙁

daftar author dipergunakan untuk mem-filter hanya menampilkan buku yang dibuat oleh si author tersebut.

di sisi kanan atas disediakan translation tools. yang buat gue malah ga penting. karena seharusnya yang disediain adalah thesaurus tools.

jika ebook sudah dibuka, maka ada tools zoom, brightness, serta navigasi next dan previous page, serta search dan juga properties detailnya.

Another post
google maps directions
google maps directions

sebagai orang jakarta yang jarang ke bogor, tentu butuh banget panduan jalan ketika hendak menuju lokasi yang dituju.

secara keseluruhan buka ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan gue akan ebook management sih, tapi coba dulu deh, semoga versi berikutnya udah ada peningkatan.