internet banking bank mandiri – permasalahannya

tanggal 21 maret 2017 lalu bank mandiri meluncurkan internet bankingnya yang terbaru.

internet banking bank mandiri
popup page internet banking bank mandiri

setelah diakses masuk ke dalam sistem, ternyata bukan hanya sekedar facelift UI, tapi juga tampak merombak backend nya pula.

nah perubahan sistem ini lumayan merepotkan nasabah. salah satu perubahannya adalah penggunakan OTP + token untuk verifikasi transaksi (transfer, bayar). karena pada internet banking sebelumnya, hanya menggunakan verifikasi token.

OTP adalah one time password, yaitu password yang dibuat sistem dan kemudian dikirimkan ke handphone.
OTP tersebut hanya bisa dipergunakan sekali, jika OTP sudah dipakai maka sudah tidak bisa dipakai kembali untuk transaksi berikutnya.

oh ya OTP ini berbayar, motong pulsa, jadi ketika nomor handphonenya sedang tidak ada pulsa, kemungkinan besar OTP nya tidak akan terkirim ke handphone.

Nah bagi yang belum mendaftarkan nomor handphone untuk dipergunakan di internet banking, musti berepot-repot ria mendatangi customer service.

untungnya, internet banking versi lama masih disediakan untuk bisa diakses. namun belum tahu sampai kapan, sehingga memang harus siap-siap untuk mendaftarkan nomor handphone ke customer service.

link internet banking mandiri versi lama
link ke internet versi lama

nah kesialan terjadi pada gue.
gue pengguna operator 3 (tri). operator tri ini dimasukkan ke daftar C oleh bank mandiri sebagai operator yang tidak bisa dipergunakan untuk internet bankingnya.
ya mungkin terkait OTP tersebut, kalau sinyal tri sering hilang kembang kempis, pengguna internet bankingnya pun akan kesusahan mendapatkan OTP sehingga tidak bisa bertransaksi.

operator yang diijinkan digunakan di layanan internet banking bank mandiri adalah telkomsel, xl dan indosat.

walhasil, gue akan terpaksa harus punya nomor khusus hanya untuk bank mandiri.
beuh.

selain internet banking versi desktop ini, bank mandiri juga melucurkan app baru, mandiri online , entah apa ini bisa dipergunakan sebagai pengganti OTP, tapi tetap harus mendaftarkan nomor handphone, karena ketika melakukan transaksi di web internet banking ada dua pilihan, mau verifikasi dengan OTP + token, atau hanya dengan app.

snydez

5 thoughts on “internet banking bank mandiri – permasalahannya

  1. sepakat kak. ngeselin sekali itu internet banking yang barunya. nasabah repot sekali..

    btw baru tau itu soal Tri ngga bisa akses ke internet banking. kalo Smartfren bermasalah ndak?

  2. Saya juga ga bisa pakai mandiri internet banking karena sy pake nomor tri sudah sejak lama dan tidak memungkinkan pakai nomor utama selain tri. Semoga mandiri bisa mengikuti kecanggihan bank lain yg sudah bisa mendukung pemakaian nomor tri.

  3. Kira-kira pulsa yg dibutuhkan untuk verifikasi berapa yah? Soalnya saya sdh isi pulsa tp tetap gk bisa masuk kode verifikasinya. Nyabelin bgt i-banking yg baru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *