penasaran yang membuncah akhirnya membuat gue meluangkan waktu hampir 2 minggu ini untuk mengolah movie script star wars menjadi data & chart.

star wars logo made of script

film yang gue olah adalah original trilogi star wars yaitu:

  • star wars  episode IV – a new hope
  • star wars  episode V – the empire strikes back
  • star wars  episode VI – return of the jedi

sehingga, berikutlah adalah hasil otak atik gue;

kompilasi

ceriwis

sebelum memulai semua kompilasi ini, gue menyangka bahwa Han lah yang paling ceriwis dari semua karakter di star wars pada ketiga film tersebut. tapi ternyata Luke adalah karakter paling ceriwis.

most talkative character in star wars
star wars karakter terceriwis

walau pada episode v, han sempat mengambil alih posisi terceriwis, namun kembali di episode vi, luke menjadi yang pertama.
sehingga secara keseluruhan luke adalah yang paling banyak omong di star wars original trilogy.

You & I

dari sekian banyak kata yang menonjol, ada dua kata yang disebut oleh hampir semua karakter.
2 kata yang paling banyak disebut oleh semua karakter di film star wars original trilogy adalah

You & I

semua karakter utama menyebutkan kata you dan I.
kata you diucapkan lebih banyak dari i.

You and I wordYou & I​



Ben

Ben alias Obi-Wan Kenobi banyak menyebutkan kata jedi dan force. dan sama sekali tidak pernah mention Han atau Leia.

ben wordsBen



Han

dari sekian adegan di star wars, adegan Han harassing Leia adalah yang paling menyedot perhatian gue.  harassing di sini dalam konteks sarkasme Han kepada Leia.

han wordsHan

sarkasme Han kepada Leia antara lain:

  • sister
  • sweetheart
  • your highness
  • your highnessness
  • your worship
  • your worshipfulness

han harassing leiahan harassing leia

Leia

Untuk Leia, kata-kata yang you’re my only hope, itu lumayan terhitung banyak, karena di-playback beberapa kali oleh R2D2. tapi ketika digabung dengan script film berikutnya, jadinya jomplang.

tapi ternyata bukan kata-kata itu saja, banyak mention atau kata yang diucapkan Leia itu cuma di satu film, tapi tidak di film lain,

leiaLeia

 

Luke

Biarpun Ben atau Obi-Wan itu adanya di star was  episode IV. tapi ternyata malah lebih banyak di-mention oleh Luke justru di film berikutnya.

btw, untuk bisa diolah, beberapa mention terpaksa digabungkan, diasimilasikan dengan kata aliasnya. misalnya ben dengan obi-wan, atau darth vader, lord vader dialiaskan dengan vader. karena kalau tidak dibuat seperti itu, variasi terlalu banyak.

lukeluke

 

Vader

sebagai salah satu villain di film ini, vader ga banyak omong. hajar langsung :D.
obi-wan dan master adalah kata yang paling menonjol. menunjukkan bahwa vader adalah murid yang selalu mengenang gurunya, hlh.

vadervader

Yoda

Yoda baru ada di episode v dan vi. dan kata kata yang banyak diucapkan adalah seputar jedi yaitu force, patience, anger.

yodayoda

Emperor

Emperor sebagai bosnya vader juga ga terlalu banyak omong, apalagi kemunculan utamanya itu di episode vi. kata skywalker banyak terucap pas selagi ngobrol dengan Vader. sementara force, jedi juga banyak disebut.

emperoremperor

rekap

sudah disebutkan di atas, semua karakter menyebutkan kata you dan I.

R2D2 menjadi karakter paling banyak di-mention, dan pe-mentionnya paling banyak adalah C3PO. dan juga kata sir adalah satu-satunya kata yang tidak disebut oleh karakter lain, kecuali C3PO.

all words by all charactersall words

behind the scene

pengolahan scriptnya dilakukan menggunakan spreadsheet application: librecalc, excel, dan google sheet. dan menggunakan fungsi fungsi dasar, tidak pakai coding, custom function.
dan ternyata format script dari ketiga film ini beda-beda,  sehingga fungsi yang dipakai di file sebelumnya tidak bisa langsung begitu saja dipakai di file berikutnya.

pembuatannya juga berkali kali diulang, karena ketika sudah hampir jadi koq merasa ada yang salah,  apalagi susah merunutnya, maka dibuat lagi dari scratch.
misalnya ketika spreadsheet episode iv kaya’nya udah ok, lalu ketika mengerjakan episode v ternyata menemukan beberapa hal seperti ada kata yang harusnya digabung, seperti ‘come on’, atau kata ‘lord’ dan ‘vader’, seharusnya digabung.
atau ada kata yang seharusnya adalah rangkaian kata, tapi karena pada script terpenggal menjadi beda baris.

untuk penampilan chart, tadinya mau pakai hasil chart dari spreadsheet, tapi kemudian teringat untuk mencoba menggunakan google data studio.
google data studio adalah aplikasi penampil chart dalam bentuk sebuah report. laporan bisa disajikan lebih dari satu halaman, dan user bisa berinteraksi dengan filter yang disediakan.

silakan coba laporannya di bawah ini. click saja icon kotak untuk memperbesar tampilannya dan navigasi panah untuk berpindah ke halaman lain.

 

catatan:

  • untuk yang mau tau kata apa yang paling banyak diucapkan marvel’s character di 3 film mcu, simak postingannya elle
  • mention yang dimaksud adalah memanggil, atau menyebut nama
  • Another post
    combo(tuwir + jarang olahraga)
    combo(tuwir + jarang olahraga)

    sedari pagi matahari lagi promo, bersinar cerah menyilaukan. siangnya ke pasar dekat sini untuk beli kain perca. dengan perkiraan cuma Read more

    tirta arsanta – resort & pemandian air panas
    tirta arsanta – resort & pemandian air panas

    salah satu lokasi getaway untuk rehat paling dekat di luar jakarta adalah seputaran bogor. bisa dicapai dalam waktu 2-3 jam, sudah termasuk waktu tempuh Read more

    bandung
    bandung

    kira-kira terakhir ke bandung itu 6 atau 7 tahun lalu. itu pun cuma di seputaran ciumbuleuit s/d dago bawah. kalo Read more

    foto mengitari jakarta
    foto mengitari jakarta

    beberapa hari ini gue menggunakan bus transjakarta untuk beraktivitas, dikarenakan sudah dalam mode mengungsi mudik. pengalaman beberapa hari ini cukup Read more