It is worthed .
btw, di tempat kerja gw dulu ada bagian yang kerjaannya emang jadi calo karyawan kalo mau ke luar negri ,jadi ternyata bikin paspor menghabiskan waktu 3 hari.
informasi yang cukup jelas, siapa tahu buat referensi nanti. Yang ngga jelas itu siapa "Ran" ? ^_^
Wah.. masih mending dateng jam 8, jam 9-10 uda selesai. Disini (Batam), kami perlu datang pagi-pagi banget sekitar jam 5 subuh untuk ambil nomor antrian. Sebenarnya pengambilan nomor antrian itu buka jam 7 pagi. Cuman karena rame banget yang ngajuin takut nggak kebagian nomor, mereka datengnya pagi2. Max nomor per hari hanya 50. Jadi siapa cepat dia dapat. Begitu, jadi harus nunggu nomor antrian 2 jaman... datang jam 5, nunggu loket pembagian nomor antrian jam 7. Loket-loket buka sekitar jam 8 an. kalo dapet nomor diakhir nunggu degh ampe jam 10-11. Belum lagi ketemu petugas yang rewel... arsip kurang lengkap, pulang degh.. besok datang lagi... cape d...
kalo bagi gue, ngga worthed ngurus sendiri, karena gue kudu bolak-balik jakarta-cirebon.

3x ?

Sekali pp jakarta-cirebon 140.000
dikali 3 jadi : 420.000

Plus biaya resmi urus paspor sendiri 270.000, so total : 690.000

Hehehee, serahin calo, tinggal bayar gope, dan cukup dateng sekali aja : 500.000 + 140.000 skali tiket pp = 640.000

Beda tipis sih emang, tapi gak buang2 tenaga dan waktu...

cuti susaaahhh boo....

artikel nya panjang panjang banget.. sebagian besar banyak cerita cerita yang lucu dan bagus.. menarik sekali
kerajinan tembaga