game pokémon Go yang baru di-release di amerika,  australia minggu lalu ternyata langsung menyedot pengguna di negara-negara lain yg belum mendapat giliran release.

untuk pengguna android tersedia apk filenya untuk di-download. karena walaupun belum di-release di Indonesia, aplikasi tersebut bisa digunakan.

apa sih game pokémon Go ini?

buat generasi yang mengalami remaja di tahun 90-an,  ada animasi (film kartun) pokémon yang bercerita tentang petualangan seorang anak yang berkelana mencari pocket monster untuk dilatih untuk kemudian dilombakan untuk bertanding dengan pocket monster lain.

dari film animasi berkembang dengan adanya suvenir dan kemudian games berikut berikutnya.

20 tahun kemudian di-release lah game Pokémon Go yang berbasis mobile phone,  dimana pengguna handphone sebagai pokémon trainer yang mencari pokémon di segala tempat.

dengan menggabungkan peta lokasi asli (via google maps)  dan kamera henpon sebagai pendukung augmented reality, pokemon yg akan ditangkap terlihat seperti exist di dunia nyata.

sayangnya ketika mencoba menggunakan ARnya,  pokemon tidak tampak,  sehingga akhirnya menggunakan mode animasi.

Ketika mencari pokemon,  pemain diharuskan ke luar rumah,  ke lingkungan sekitar,  karena pokemon muncul random,  namun ada beberapa tempat yang memungkinkan bisa ditemukan pokemon,  yaitu di pokestop.

pokestop ini sebagian besar adalah lokasi umum di mana banyak orang terkumpul.  di jakarta ini,  pokestop banyak di rumah ibadah seperti masjid dan gereja.

ada beberapa tips untuk mencari pokemon.
salah satunya adalah mengikuti daun yg tertiup. lalu dengan melihat jejak kaki indikator pokemon terdekat di kanan bawah.

nah ada yang namanya lure,  yaitu menggunakan umpan. lure ini biasanya dipasang di poke stop.

lure ini pulalah yang dipergunakan orang untuk mengeruk kesempatan (baca: keuntungan) dari para pemain pokemon ini.

café atau toko tertentu yg kebetulan adalah pokestop, menggunakan lure ini untuk memancing pokemon,  yang kemudian memancing kedatangan pemain pokemon go untuk mampir.
walhasil dari situ bisa turn over transaksi makanan atau lainnya.

Another post
ice skating
ice skating

gue sama sekali ga pernah bisa bersepatu roda, apalagi lancar. tapi ketika melihat iklan ice skating di mall @ alam Read more

bandung
bandung

kira-kira terakhir ke bandung itu 6 atau 7 tahun lalu. itu pun cuma di seputaran ciumbuleuit s/d dago bawah. kalo Read more

no backward compatibility
no backward compatibility

rumah ini sudah berumur lebih dari 15 tahun. lalu beberapa hal memang kadang sudah waktunya diganti. seperti misalnya colokan listrik Read more

sfh – study/school from home
sfh – study/school from home

semenjak diumumkannya kasus pertama penderita novel corona, atau covid-19, di indonesia; salah satu instruksi pemerintah adalah melakukan social distance, yaitu Read more

tapi ada juga berita yang mengabarkan lure juga dipakai oleh penjahat untuk merampok para pemain ketika mereka memdatangi lure.

note: postingan ini dalam rangka #julingeblog