wah! kebetulan nih ada orang IT

ok, perasaan gue mulai ga enak nih.
sehari menjelang lebaran, ngumpul di tempat keluarga, ketempuan melakoni sesuatu yang berbau IT nih. dan selama ini biasanya ga begitu ‘klop’ dengan permintaannya.

ternyata, yang jadi permasalahan adalah handphone handphonenya memunculkan notifikasi soal storage yang ga dipahami apa maksudnya. atau aplikasinya koq ga bisa update dari playstore, atau pas mau ngambil foto udah ga mau karena space insufficient.

henpon pertama adalah oppo yoyo. diagnosa awal, storage udah kepenuhan, jadi harus melakukan beberapa tindakan, dari clear cache, move app ke sdcard, uninstall app, memindahkan foto/video/sound ke sd card.

untuk mindah-mindahin foto/video/sound gue menggunakan app ES File Explorer Manager.  Aplikasi ini lumayan menyenangkan untuk digunakan, bisa copy file dari phone ke storage, dari phone ke phone lain dengan jembatan aplikasi tersebut, bisa memindahkan file dari handphone ke NAS/shared folder PC.

ES File Explorer

ES FIle Explorer

nah untuk kasus awal ini, gue ga bisa mindahin app ke sdcard, setiap sudah dipindahkan, tapi app tetap ada di phone.
lalu ketika mencoba memindahkan file, tentu gue pengen install ES Explorer ini, tapi ga bisa, karena storage full, dan ga diijinkan oleh user untuk uninstall app apapun.

‘penyakit’ handphone android, adalah adanya preinstall app yang banyak ga digunain, tapi ga bisa dihapus. jadilah sampah menuh-menuhin space handphone.

untuk kasus kedua, samsung A5. sama, storage full,
kali ini usernya meminta untuk memindahkan ke komputer menggunakan kabel data.
jadi ga ada masalah. karena begitu dicolok dengan kabel USB biasa, henpon langsung masuk ke mode MTP (media device), jadi kesannya jadi seperti USB flashdisk.

kasus berikutnya, samsung juga, tapi lupa apa tipenya.
untuk ini, ternyata ES File Explorer ga bisa digunakan untuk memindahkan foto/video dari phone ke sdcard karena di-lock oleh samsung, harus di-root kalau mau jalan ES File Explorernya.

setelah pusing, akhirnya coba File Manager bawaannya samsung.
karena terbiasa di EF File Explorer untuk memindahkan file perbulan, gue menggunakan filtering di File Manager tersebut,
setelah terfilter, ternyata filenya ga bisa multiple select. tap and hold tidak memunculkan checkbox untuk dipilih.
tapi File Manager ini bisa move file ke sdcard tanpa halangan. tapi masa’ harus satu persatu dari nyaris seribuan file.

otak-atik file manager tersebut, ternyata kalau tidak terfilter, tap and hold akan memunculkan checkbox untuk dipilih.

Another post
mematikan tampilan berita di peramban Edge

sniplet berita berita yang tampil ketika membuka browser Edge ini menyebalkan,

kegunaan NAS untuk personal

kita mengenal adanya media penyimpanan data seperti USB flash drive, hard disk. nah ada media penyimpanan yang seirng disebut NAS. Read more

google maps directions
google maps directions

sebagai orang jakarta yang jarang ke bogor, tentu butuh banget panduan jalan ketika hendak menuju lokasi yang dituju. , dots: true, dotsSpeed: 1200, rtl: false, }); });

akhirnya pilih select all picture/video di bawah folder DCIM, kemudian tap menu, pilih move, ke folder DCIM di sdcard.

note: postingan ini dalam rangka #julingeblog